Metode Dakwah

Metode dakwah yang sukses ialah berdasarkan pada klarifikasi penyakit penerima dakwah serta memberikan obat yang tepat. penerima dakwah juga sebaiknya dijauhkan dari subhat yang bisa mencegah penerima dakwah merasakan penyakit yang dideritanya. bukan itu saja selain setelah diberikan obat kepada para penerima dakwah, sebaiknya para pemberi dakwah juga memberikan pendidikan dan pengajaran berdasarkan Al-Quran dan Al-hadits guna mencegah datangnya penyakit lama.

Identifikasi penyakit dan obatnya sebaiknya perlu dipelajari dengan serius, karena salah mendiagnosis penyakit yang di derita penerima dakwah juga dapat menyebabkan obat yang diberikan salah. perlu kerja kerasa untuk dapat mengetahui penyakit dan mengobati penerima dakwah untuk kembali kepada jalan yang diridhai Allah SWT.

Sumber penyakit jiwa umat manusia adalah ingkar terhadap Tuhan yang menciptakannya. inilah penyakit paling besar yang diderita oleh umat manusia. hal ini disebabkan kecintaan yang dalam kepada kehidupan duniawi yang mencegahnya untuk mengetahui sesungguhnya kehidupan yang kekal adalah kehidupan akhirat.Obat dari penyakit ini adalah para Nabi dan Rasul yang diturunkan kepada umat manusia untuk mengajak manusia kembali kepada fitrahnya sebagai makhluk Tuhan yang tujuannya hidup di dunia adalah untuk beribadah kepada Allah SWT, ini sesuai dengan surat An-Nahl 36, "Sesungguhnya telah kami utus pada tiap-tiap umat seorang Rasul sembahlah Allah dan jauhi thaqut".

gejala penyakit selanjutnya adalah subhat dalam hidup. subhat menyebabkan keraguan yang besar di dalam hati manusia. begitu juga ketika para pendakwah mulai menyebarkan dakwah banyak penerima dakwah karena subhat yang besar secara tarang-terangan menolak isi dakwah tersebut. Subhat sendiri tidak dalam dimusnahkan, karena dari umat dahulu telah muncul subhat, subhat sendiri menyebabkan kaum-kaum terdahulu di musnahkan Allah dengan azhab.

Danos tu comentario

follow me